Cara mengendalikana marah atau emosi tercepat

Tips mengatasi amarah yang saya tulis disini merupakan pengalaman pribadi yang cukup ampuh untuk mengendalikan marah yang tak berujung. Saat kita marah, diakui atau tidak, kita mirip sekali dengan anak kecil yang ngambek akibat keinginannya tidak terpenuhi. Kita pada umumnya akan marah saat apa yang terjadi tidak sesuai keinginan yang mengendap di dalam hati. Kegagalan dalam berbagai hal, ketidakberesan rencana dan hinaan dari orang lain, menjadi alasan untuk marah marah. Saat kita sedang dikuasai api amarah, biasanya kita melontarkan kata kata yang tak pantas dan mengungkapkan kejelekan orang lain. Disaat kita marah, logika menjadi hilang, rasa belas kasihan melayang dan lebih dekat dengan kejelekan. Meskipun demikian bukan berarti kita tak boleh marah, tapi yang kita inginkan adalah bentuk kemarahan yang tepat, pada saat yang tepat dan dengan cara yang tepat pula. Unsur ketepatan disaat kita marah menjadi faktor kunci agar emosi tetap terkendali.

Secara pribadi saya punya tips mengatasi amarah yang telah saya praktekan selama bertahun tahun. Pada saat kekecewaan datang dan kita merasa akan marah kepada orang lain, maka segera ambil air wudlu bagi pembaca yang beragama muslim. Bila setelah wudlu amarah belum hilang, segeralah tuanaikan sholat sunat dua rokaat, lalu sesudah salam berdoalah kepadaNya agar kemarahan cepat lenyap dari badan. Kalau setelah berdoa rasanya amarah masih saja terjadi, cobalah ambil buku ataupun selembar kertas, lalu tuliskan semua perasaan dan segala bentuk kekesalan hingga kita kehabisan ide untuk menuliskannya. Jika pada tahap ini rasa marah belum jua sirna, maka segeralah berbaring di tempat tidur, tarik nafas panjang dan ulangi minimal 7 kali. Nah sekarang pejamkan mata lalu buka kembali, baca coretan amarah yang ada di dalam kertas hingga merasa bosan.

Akan lebih rileks jika kita juga memutar lagu kesayangan. Bagaimana kalau semua hal di atas sudah dijalankan tetapi amarah belum hilang? Tak perlu dibuat pusing, sekarang silahkan anda marah kepada orang yang dituju, tapi saya sangat yakin kemarahan anda akan lebih tepat dan kata kata yang keluar juga akan lebih bijak. Anda akan tetap memiliki ketenangan dan boleh jadi orang yang membuat anda marah akan meminta maaf dengan ketulusan hatinya. Dia akan mengakui kesalahannya dan akibat lainnya dia akan memberi respek yang lebih tinggi kepada anda. Demikianlah tips mengendalikan marah, kalau kurang tepat ya mohon pembaca maklum atas pengalaman pribadi ini.