Gejala kanker payudara penuh bahaya !!!

Gejala kanker payudara seharusnya dikenali dan disadari oleh tiap wanita sejak masalah tersebut belum datang dalam hidupnya. Sebab kanker payudara termasuk salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti oleh kalangan perempuan di seluruh dunia. Data dari WHO menyebutkan jika jumlah penderita kanker payudara dri tahun ke tahun terus meningkat dan badan kesehatan dunia itu mencatat jika angka kematian yang diakibatkan oleh kanker payudara cukup tinggi

Menyikapi permasalahan tersebut, rasanya menjadi sangat penting bagi wanita untuk memiliki pengetahuan tentang gejala kanker payudara sebagai langkah awal untuk mencegah datangnya bencana. Gejala kanker payudara tak boleh dianggap enteng atau dikesampingkan begitu saja bila para wanita benar benar peduli dengan kesehatan organ penting pada wanita itu.

Namun demikian, sampai kini masih banyak wanita yang tidak tahuakan gejala kanker payudara meski disana sini telah ada berbagai sosialisasi yang menjelaskan bahaya dan gejala kanker payudara dalam hidup wanita. Bahkan ada sebagian kalangan yang mengatakan jika para wanita kurang peduli pada masalah kanker payudara, mereka baru menyadari ketika gejala kanker payudara telah berubah ke arah yang lebih serius.

Kalau sedari awal para wanita membeti fokus yang lebih pada masalah gejala kanker payudara mungkin persoalan serius tidak harus terjadi dikemudian hari. Sebagai bahan referensi pengetahuan, penulis juga ingin berbagi untuk para wanita yang saat ini belum mengetahui gejala gejala kanker payudara. Adapun rincian dari gejala kanker payudara pada wanita adalah sebagai berikut :

Timbul benjolan kecil disekitar payudara, benjolan ini lama kelamaan berubah menjadi besar seiring dengan pertumbuhan sel secara liar. Saat benjolan ini ditekan tekan, maka tidak terasa sakit, namun ketika benjolan ini sudah besar akan timbul rasa nyeri dan menjadi sakit ketika ditekan. Gejala kanker payudara selain timbulnyaa benjolan juga bisa dikenali dengan perubahan kulit di sektar puting payudara. Warna kulit akan berubah ke dalam cokelat, merah muda dan ungu. Selain itu terkadang payudara sering mengeluarkan cairan seperti darah,meski waktu itu wanita tersebut sedang tidak menyusui.

Adapun gejala kanker payudara yang lain adalah terkadang payudara terasa menimbulkan bau kurang sedap, puting payudara menghilang atau masuk lebih dalam dan sebagian ahli kesehatan mengatakan jika puting ini bisa terlepas dari payudara. Tentu jika ada diantara pembaca yang kebetulan mengalami salah satu dari gejala kanker payudara tersebut, alangkah baiknya segera mengunjungi ahli yang berkompeten dengan masalah kanker payudara.

Jangan sampai membiarkan gejala kanker payudara berkembang ke arah yang lebih rumit karena merasa malu, minder dan tak ingin penyakitnya diketaahui oleh orang lain. Mari jaga kesehatan dengan mengenali gejala kanker payudara dan ingatkan semua orang untuk menyadari tanda kanker payudara sejak usia dini